January 1, 2016

Bahasa Korea Sehari-hari

Anyeong. Yang mengunjungi/membaca blog ini pasti suka dengan lagu-lagu kpop ataupun drama korea yang kadang bikin senyum-senyum sendiri dan bikin nangis. Setidaknya kalian bisa sedikit bahasa Korea. Kalian pasti pernahka ditanya orang seperti ini “emang kamu tahu artinya?”. Nah, kalau yang tau artinya sih langsung bisa jawab. Kalau yang yang tidak tahukan bisa malu (Hahahahha). Tapi sebelum membahas kalimat atau kata dalam bahasa korea, saya mengucapkan terima kasih dulu kepada info-menarik.net dan jihankesya.blogspot.com karena saya juga belajar sedikit dari sana. Kalau ditanya saya bisa bahasa Korea? Jawabanya saya tentu saja belum bisa (wkwkwkw). Tapi saya juga akan belajar supaya sedikit bisa memahami arti-arti di lagu korea dan drama korea juga. Baiklah tanpa panjang lebar dibawah ini adalah sedikit kata atau kalimat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Contoh bahasa Korea bersifat halus
Annyeong haseyo (안녕 하세요?) artinya Apa kabar?
Annyeonghi kyeseyo (안녕히 계세요) artinya Selamat tinggal
Annyeonghi kaseyo (안녕히 가세요) artinya Selamat jalan
Komapseumnida/Kamsahamnida (고맙습니다 / 감사합니다) artinya Terima kasih
Choesonghamnida/Mianhamnida (죄송합니다 / 미안합니다) artinya Ma’af
Ne () artinya Ya
Aniyo (아니요) artinya Tidak/Bukan

  • Contoh bahasa Korea bersifat akrab/kasar
Annyeong (안녕) artinya Apa kabar?
Chal isseo ( 있어) artinya Selamat tinggal
Chal ga ( ) artinya Selamat jalan
Komawo (고마워) artinya Terima kasih
Mianhae (미안해) artinya Ma’af
Eung () artinya Ya
아니 dibaca “Ani” artinya Tidak/Bukan

  • Ungkapan marah dalam bahasa Korea
Dwaegeoneun! artinya tolong jangan bicara lagi! (digunakan saat kita sudah lelah mendengarkan seseorang berbicara)
Dangguniji! artinya aku berani taruhan!
Niga nahante eotteohke geureol suini? artinya bagaimana bisa kau lakukan ini padaku?
Mianhae hal gotkkajineun obso artinya tidak ada yang perlu dimaafkan!
I jit i jigeowo jugetseo artinya ini menyebalkan!
Dugoboji! artinya tunggu saja!
Ohae hajimaseyo! artinya jangan salahkan aku!
Nan niga shilreoh artinya aku benci padamu!


  • Kata cinta dalam bahasa Korea
Sarang ppajida (사랑에 빠지다) = jatuh cinta
Sarang gobaek hada (사랑을 고백하다) = pengakuan cinta
Cheossarang (첫사랑) = cinta pertama
Sarang haneun (사랑하는) = kekasih.
Nun meon sarang (눈먼 사랑) = cinta buta
Kipeun sarang (깊은 사랑) = cinta yang mendalam
Sarang eopneun (사랑 없는) = tanpa cinta
Sarang sereoun (사랑스러운) = cinta yang berkesan,
Sonjinan sarang (순진한 사랑) = cinta murni


  • Kata-kata yang biasa digunakan sehari-hari
Aku Cinta Kamu = Saranghae / Saranghamnida ( 사랑해)
Aku Suka Kamu = Choaheyo ( 사랑해)
Selamat Ulang Tahun = Saengil Chukha Hamnida (생일 축하)
Senang Bertemu Dengan Mu = Mannaseo bangapseummnida (당신을 만나서 기쁩니다)
Saya Orang Indonesia = Indonesia saramimnida ( 인도네시아어 )
Saya Belajar Bahasa Korea = Naneun hangugeoreul baeunda (나는 한국어를 배웠다)
Maafkan Aku = Mian ne (죄송 해요)
Kalian Dari Mana ? = Neohuideureun eodieseo wanni ? (어디에서​​?)
Boleh, Silahkan = Ne, doemnida (허용, 제발)
Bagus Sekali = Maeu joseumnida (아주 좋은)
Oke = Jeoseumnida (괜찮아요)
Tidak = Anio (아니)
Iya = Ye / Ne
Tidak Pernah = Gyeolko animnida
Aku Mengerti = Algesseoyo
Aku Nggak Tau = Mollayo
Ya, Ada = Ne, isseoyo
Siapa Nama Mu ? = Ireumi mwoyeyo?
Nama Ku Jeong Ji-Hoon = Jeo neun Jeong Ji-Hoon ieyo
Apakah Ini ? = Ige mwoyeyo?
Sangat Cantik = Cham yebbeoyo
Nggak Apa-Apa = Goenchanayo
Baik-Baik Saja, Terima Kasih= Jal jinaepida, gamsahamnida
Maaf, Tidak Tahu = Minhamnida, jal moreugesseumnida
Aku Suka Nasi Goreng = Jeoneun nasi gorengeul joahamnida
Halo = (Ucapan pembuka di telefon)
Yeoboseyo…
Penyanyi : Gasu
Keluarga : Gajok
Masuk Angin : Gamgi
Polisi : Gyeongchal
Kucing : Goyangi
Teman : Gongwon
Telefon Umum : Gongjungjeonhwa
Bandara : Gonghang
Kue : Gwaja
Sepatu : Gudu
Seratus : Baek
Rumah Sakit : Byeongwon
Pulpen : Bolpen
Roti : Ppal
Toko Buku : Seojeom
Restoran : Sikdang
Indah : Areumdappda
Bayi : Agi
Pagi : Achim
Koran, Surat Kabar : Sinmun
Majalah : Japji
Anak – Anak : Eorini
Rumah : Jip
Kopi : Keopi
Taksi : Taeksi
Televisi : Tellebijeon
Pesta : Pati
Hotel : Hotel
Kantor : Hoesa
Sekolah : Hakgyo (학교)
SD : Chodeunghakgyo (국민 학교)
SMP : Junghakgyo (중학교)
SMA : Godeunghakgyo (고등학교에서의 마지막)
Universitas : Daekhagyo (대학)
Laki – Laki : Namja (남성)
Perempuan : Yeoja (여성)
Adik Laki – Laki : Namdongsaeng (젊은 남성)
Adik Perempuan : Yeodongsaeng (언니)


  • Bilangan dalam bahasa Korea
1 : Il
2 : I
3 : Sam
4 : Sa
5 : O
6 : Yuk
7 : Chil
8 : Pal
9 : Gu
10 : Sip
11 : Sip-Il
12 : Sip-I
13 : Sip-Sam
14 : Sip-Sa
15 : Sip-O
16 : Sip-Yuk
17 : Sip-Chil
18 : Sip-Pal
19 : Sip-Gu
20 : I-Sip
21 : I-Sip-Il
50 : O-Sip
55 : O-Sip-O
100 : Il-Baek
1.000 : Il-Cheon
10.000 : Il-Man
100.000 : Il-Sip-Man
1.000.000 : Il-Baek-Man
10.000.000 : Il-Cheon-Man
100.000.000 : Il-Eok

  • Nama hari dalam bahasa Korea
Senin : Wolyoil (월요일)
Selasa : Hwayoil (화요일)
Rabu : Suyoil (수요일)
Kamis : Mokyoil (목요일)
Jum’at : Geumyoil (금요일)
Sabtu : Toyoil (토요일)
Minggu : Ilyoil ()

  • Nama bulan dalam bahasa Korea
Januari : Ilwol (1)
Februari : Iwol (2)
Maret : Samwol (3)
April : Sawol (4)
Mei : Owol (5)
Juni : Yuwol (6)
Juli : Chilwol (7)
Agustus : Palwol (8)
September : Guwol (9)
Oktober : Siwol (10)
November : Sipilwol (11)
Desember : Sipiwol (12)

This Is The Oldest Page
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments